Tuesday, April 25, 2006

Rumah Kontrakan


Wah susah juga ya cari kontrakan di Jakarta ini, padahal kalo saya lewat sambil jalan-jalan dengan anak dan suami buanyakk bgt rumah - rumah petak itu berjejer sepanjang jalan, tapi ketika saya coba untuk bantu temen yang lagi cari kontrakan di daerah saya (pejaten barat) koq semuanya penuh sampe ke gang-gang yang seumit-umit.

Wow.. ternyata bisnis kontrakan masih seger juga nih untuk dijadikan alternatif investasi.
Coba bayangkan, kalo kita punya tanah nganggur sekitar 200 meter persegi aja di Jakarta ini, dihitung-hitung bisa dibuat 6- 8 unit rumah kontrakan. Misalnya, satu rumah itu kita kontrakkan sebulannya sekitar 1 juta so.. pendapatan dari sewa kontrakan aja udah 8 juta, wah... gak usah kerja deh. Amiin...amin...

Jika tanah di daerah saya sekarang ini rata-rata 3 juta per meter, berarti saya harus mengeluarkan biaya 600 juta untuk tanah seluas 200 m, dan untuk membangun rumah ukuran 20 meter persegi dibutuhkan biaya 30 juta berarti sekitar 240 juta untuk membangun. Total pengeluaran sekitar 850 juta.

Yah.. ternyata lam juga ya BEPnya he..he... 12 TAHUN!

No comments: